Tugas pengantar bisnis minggu ke-4 dan k-5
Pertanyaan :
1.
Sebut dan jelaskan
kiat berwirausaha yang berhasil !
2.
Berikan
masing-masing 3 contoh usaha franchising local dan asing untuk bidang
pendidikan, kesehatan, jasa, makanan/minuman !
3.
Jelaskan perbedaan antara
kewirausahaan dan bisnis kecil !
4.
Buatlah 1 contoh
denah/lay out misal : mall, rumah sakit setiap kelompok berbeda !
Jawaban :
1. Menurut Renee Martin, penulis
"The Risk Takers: 16 Women and Men Share Their Entrepreneurial
Strategies for Success" dari para pengusaha-pengusaha wirausaha yang
berhasil. Berikut sepuluh cara untuk
sukses, yaitu :
a)
Mencari pasar khusus yang belum tergarap
Identifikasikan sebuah pangsa pasar khusus (niche
market) yang kebutuhan utamanya belum terpenuhi oleh kompetitor. Bangun sebuah
spesialisasi yang Anda tahu merupakan keunggulan dari perusahaan Anda.
Ingatlah, bahwa bahkan sebuah perusahaan besar dan bertaraf internasional pun
tak bisa memuaskan semua orang. Banyak pasar khusus yang seringkali tak
tergarap karena dianggap terlalu kecil.
b)
Peka terhadap tren terbaru berani memulai
Carilah kebutuhan dan keinginan terbaru dari para
konsumen yang tumbuh dari perubahan tren di segi kultural, ekonomi, teknologi
yang menjadi sinyal kesempatan pasar baru. Bertindaklah dengan cepat, jangan
menunda terlalu lama.
c) Lakukan!
Berhenti membuat alasan-alasan. Waktu paling
"sempurna" untuk meluncurkan bisnis takkan pernah bisa diprediksi
secara tepat dan pasti. Jangan biarkan para bakal calon kompetitor mencuri
start dari bisnis yang sebenarnya bisa Anda mulai terlebih dulu. Mulailah
bergerak. Ciptakan gol-gol pendek dan deadline yang membawa Anda lebih dekat
untuk membuka lahan bisnis baru.
d) Hindari kata-kata yang mematahkan semangat
Abaikan orang-orang yang berkata "Itu tak akan
berhasil" atau "Tak akan bisa berhasil kalau kamu melakukannya dengan
cara itu". Sesekali, menjauh dari anggapan yang menurunkan semangat dan
aturan baku bisa membantu Anda untuk meraih kesuksesan. Perhatikan dan pelajari
cara para pebisnis yang sukses di bidang mereka dengan pandangan yang kritis.
Pelajari cara mereka bekerja dan program yang mereka lakukan. Ajukan
pertanyaan-pertanyaan "bagaimana jika" di dalam pikiran Anda.
e) Bereksplorasikan kelemahan competitor
Ambil pandangan kritis terhadap kompetisi Anda dari
perspektif konsumen. Dengarkan baik-baik akan kebutuhan dan komplain dari
konsumen prospektif saat melakukan telepon sales. Hal ini akan membantu
mengidentifikasi kekurangan dan kelemahan kompetitor. Carilah cara untuk
menutup kekurangan dari servis dan produk Anda sendiri, lalu perbaiki hal
tersebut.
f) Isi kekosongan
Pusatkan pandangan Anda di area yang lupa ditutupi
oleh kompetitor Anda. Pelajari bagaimana mengantisipasi area baru yang bisa
Anda isi dengan servis atau bisa memposisikan bisnis Anda lebih cepat dari
kompetitor Anda.
g) Tenar dengan dana minim
Pikirkan cara bagaimana agar lebih dikenal dengan
dana seminim mungkin. Jangan terlalu menutup diri, jadilah kreatif, beranikan
diri untuk makin dikenal banyak orang (tapi untuk alasan yang baik). Tukar ide dengan
orang-orang terdekat Anda.
h) Percaya kemampuan diri
Bangun dan belajar untuk menggunakan kekuatan
intuisi Anda. Dengarkan hati Anda. Akan ada saat-saat Anda harus memilih
bermain aman atau justru bermain nekat untuk menghadapi tantangan bisnis. Orang-orang
sekitar Anda juga memberi masukan yang beragam, sehingga yang bisa Anda
percayai hanyalah diri dan hati Anda.
i)
Jangan biarkan kesulitan atau kegagalan mengalahkan Anda
Jangan biarkan batasan yang diciptakan oleh orang
lain atau keadaan yang menjepit membuat Anda lemah. Banyak wirausahawan yang
menutup usaha mereka karena tidak percaya pada diri sendiri. Sebagai
wirausahawan, Anda akan menghadapi masa-masa penuh stres yang akan menguji
kepercayaan Anda. Ingatlah, bahwa alat untuk mengusir kegundahan itu adalah
kegigihan dan daya lenting. Percayalah pada konsep bisnis Anda dan komitmen
diri untuk melihat bisnis ini sukses.
j)
Jangan berhenti berinovasi
Secara kontinu, carilah cara-cara baru untuk
memperkenalkan produk-produk baru dan servis untuk konsumen langganan Anda dan
pasar baru yang Anda temui. Berpuas diri adalah hal yang bisa membahayakan
perusahaan Anda. Sesuaikan bisnis Anda dengan tren pasar.
2.
Tabel franchising
lokal dan franchising asing
Bidang
|
Franchising Lokal
|
Franchising Asing
|
Pendidikan
|
Ganesha
Operation, Nurul Fikri, LIA
|
AIU (Atlantic
International University), Study Hall, Visual Academy,The Library
|
Kesehatan
|
Kimia Farma,
Optik Melawai, Klinik Mitra
|
Nasional
University Hospital, Mount Elizabeth Hospital
|
Jasa
|
JNE, GoGoex, Porto
Valas, Metrolive Gps
|
FedEx, APX
Worldide, Mora Cargo
|
Makanan/Minuman
|
Teh Botol Sosro,
Bobby’s Steak, Ayam Lepas, Majestik Bakery
|
Starbucks Coffee,
AW, Vulcano Eropa, Mr. Tacoz
|
3.
Perbedaan
Kewirausahaan dengan Bisnis Kecil
·
Kewirausahaan :
Pelaku bisnis yang menerima resiko maupun peluang karena menciptakan dan
mengoperasikan bisnis baru.
·
Bisnis Kecil :
Bisnis yang memiliki dan dikelola secara mandiri yang tidak mendominasi
pasarnya.
4.
Gambar Mall Plaza
Balikpapan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar