Tugas
pengantar bisnis minggu k-6
Pertanyaan :
1. Sebutkan
perbedaan masing-masing jenis pasar dan masing-masing beri 3 contoh ?
2. Buatlah
skema bauran pemasaran ?
3. Sebutkan
dan jelaskan tujuan sistem pemasaran ?
Jawaban :
1. Jenis-jenis
pasar, antara lain sebagai berikut :
·
Pasar Konsumen :
Sekelompok
pembeli yang membeli barang untuk di konsumsi, bukan untuk dijual atau diproses
lebih lanjut. Contoh pasar konsumen seperti kebutuhan primer/pokok (misal :
beras, makanan, minuman), kebutuhan sekunder (misal : baju, celana), kebutuhan
tersier/mewah (misal: mobil, motor, emas).
·
Pasar Industri :
Pasar
yang terdiri dari individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang
untuk dipakai lagi, baik langsung maupun tidak langsung, dalam memproduksi
barang lain kemudian dijual. Contoh seperti pasar tekstil (misal: garment),
industri mesin, industri makanan dan minuman.
·
Pasar Penjual :
Individu
dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk
mendapatkan laba. Contoh dari pasar penjual seperti supermarket, butik,
hypermarket.
·
Pasar Pemerintah :
Pasar
dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti departemen, direktorat, kantor
dinas dan instansi lain. Contoh dari pasar penjual adalah Bank BRI, PT. Pos
Indonesia, PDAM (PAM).
3. Tujuan sistem pemasaran,
yaitu :
·
Memaksimumkan konsumsi
Pekerjaan
pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya
menciptkan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum
·
Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Tujuan
sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi.
Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur kepuasan
dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran
lingkungan, kepuasan yang diterima seseorang tergantung dari sedikitnya orang
lain memiliki barang tersebut.
·
Memaksimumkan Mutu Hidup
Termasuk
didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang, mutu
lingkungan fisik, dan mutu lingkungan kultur.
·
Memaksimalkan Pilihan
Tujuan
lain di sistem pemasaran adalah ragam produk dan pilihan konsumen, meskipun
sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk yang dengan tepat
memuaskan selera serta memaksimalkan gaya hidup mereka, tetapi konpensasinya
adalah peningkatan biaya. Pertama, karena produk yang semakin mahal dapat
menyebabkan berkurangya pendapatan nyata dan konsumsi konsumen. Kedua,
pertambahan ragam produk, tentu membutuhkan lebih banyak waktu konsumen untuk
menentukan pilihannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar